Pemerintah Akuisisi Migas Chevron

Screenshot_10

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, tertarik menggantikan pengelolaan minyak serta gas Chevron Indonesia Company di Terminal Lawe-Lawe, Kecamatan Penajam, sesudah kontrak kerja perusahaan asal Amerika Serikat itu selesai pada 2018.

” Dengan selesainya kontrak kerja Chevron itu pemerintah kabupaten tertarik menggantikan pengelolaan minyak serta gas di Terminal Lawe-Lawe, ” kata Asisten II Bagian Perekonomian serta Pembangunan Sekkab Penajam Paser Utara, Ahmad Usman di Penajam, Kamis, 9 Februari 2017.

Menurut Ahmad, Pemkab Penajam Paser Utara bakal membuat perusahaan daerah yang bakal mengelola minyak serta gas di Terminal Lawe-Lawe yang sampai kini dikelola Chevron. Langkah itu sebegai persiapan sebelumnya akuisisi dikerjakan. “Kami bakal menerbitkan ketentuan daerah sebagai payung hukum yang mengatur perusahaan itu, ” tuturnya.

Menurut Usman, Pemkab Penajam Paser Utara serius tertarik mengelola lapangan minyak serta gas di Terminal Lawe-Lawe serta sudah memasukkan rancangan ketentuan daerah berkaitan perusahaan pengelolanya dalam Program Legalisasi Daerah 2017. ” Raperda itu sudah diserahkan ke Tubuh Legislasi DPRD untuk dibicarakan th. ini, ” imbuhnya.

Ahmad menerangkan Pemkab Penajam Paser Utara mempunyai pengalaman dalam pengelolaan minyak serta gas lewat pengembangan pengelolaan gas yang dikerjakan Perusahaan Daerah Benuo Taka. Diluar itu, Pemkab juga sudah bekerjasama dengan pemerintah pusat serta PT Pertamina berkaitan gagasan untuk menggantikan pengelolaan minyak serta gas di Terminal Lawe-Lawe itu.

” Sumur-sumur yang dikelola Chevron masihlah mungkin, jadi diperjuangkan supaya pengelolaannya dikerjakan pemerintah kabupaten. Meski perusda eksplorasi gas dalam taraf kecil, namun pemerintah kabupaten telah mempunyai pengalaman, ” ucapnya.

Sisi Hukum Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara membetulkan raperda pembentukan perusahaan pengelola Terminal Lawe-Lawe yang masuk dalam Blok Wailawe di lokasi Kelurahan Lawe-Lawe, Kecamatan Penajam, sudah masuk Prolegda 2017.

Diluar itu, Pemkab Penajam Paser Utara juga ajukan Raperda pembentukan perusahaan yang bakal mengelola Blok Pandawa yang berada di lokasi perairan Kecamatan Waru.

Baca Juga Tentang : Komputer dan Laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *